Cara belajar menerbangkan pesawat RC

Sebelum kita menerbangkan pesawat RC / remote control , dan untuk menghindari kerugian/kerusakan pesawat yang sudah anda beli maupun anda buat. Alangkah baiknya sebelum itu kita belajar menerbangkan pesawat simulator RC di komputer. Karena hal ini sangat membantu kita dalam proses pembelajaran.
Jika anda belum mempunyai pesawat , tak ada salahnya anda belajar menerbangkan di komputer mengunakan software simulator RC plane. Saya biasa menggunakan stik simulator 4 chanel (USB)  yang terhubung ke komputer untuk belajar menerbangkan pesawat.


Diperlukan kesabaran dan ketekunan berlatih untuk benar-benar lancar mengendalikan pesawat RC. Untuk pertama kali terbang menggunakan simulator, setinglah level angin pada kecepatan 0 (calm) atau 1 knot  agar pesawat tidak terbawa angin. Belajarlah takeoff dan landing (mendarat) terlebih dahulu sebelum anda memainkan akrobatik di udara.
Jika anda sudah mulus menerbangkan dan mendaratkan pesawat anda bisa melakukan gerakan-gerakan akrobatik di udara, seperti rolling , hover , maupun gerakan touch and go.
Berikut contoh video yang saya buat ketika menerbangkan pesawat RC di komputer menggunakan simulator.

Komentar